Ganjar Pranowo atau Erick Thohir Cocok Jadi Capres 2024?

Apakah sudah waktunya ngomongin calon presiden 2024?

Mungkin calon pemimpin masa depan bisa dinilai pada saat ada pandemi global yang disebabkan oleh Covid-19 atau virus Corona. Leadership atau kepemimpinan beberapa kepala daerah khususnya para gubernur sedang diuji oleh virus yang juga menyerang lebih dari 200 negara ini. Apalagi ujian ini semakin lengkap dengan suasana puasa di bulan Ramadhan ini. 
Ahok, Presiden Jokowi, Jokowi, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Anies Baswedan, Jakarta, Pilpres 2024, Capres 2024, NKRI, Covid-19, Virus Corona, Indonesia
Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Joko Widodo pada sebuah acara (akurat.co)

Karakter dan kepemimpinan seorang pejabat di pemerintahan mungkin terasa biasa saja di situasi normal, namun akan ditemukan hal berbeda ketika terjadi krisis. Entah itu resesi ekonomi atau krisis dunia karena gejolak keuangan global atau dalam negeri suatu negara.
Para pemimpin ini, khususnya di pemerintahan akan didesak oleh keadaan untuk berfikir, berbicara dan bertindak yang tepat dan bijaksana, dalam arti adil secara umum. Membuat keadilan untuk seluruh jumlah penduduk kadang kala tidak bisa dilakukan begitu mudah.

Apalagi jika krisis itu terjadi pada saat terjadi di era digital dimana ada serbuan Covid-19 atau virus Corona yang hampir serentak menyerang warga global. Banyak hal buruk yang terjadi di bidang ekonomi dan berdampak serius pada masalah sosial dan budaya masyarakat karena ada yang disebut normal baru alias new normal. 

Baik presiden maupun para kepala daerah termasuk para gubernur di Indonesia harus bisa menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah berlaku di beberapa daerah. Kabarnya ada daerah lain yang menyusul, sehingga penyebaran virus Corona bisa dicegah agar tidak meluas. Presiden Jokowi telah melarang warga perantau untuk mudik lebaran sehingga Covid-19 yang mematikan ini tidak menyebar sampai di kampung halaman para pemudik.

Meskipun ada wacana relaksasi dalam pelaksanaan PSBB, sehingga ekonomi bisa bergerak, baik untuk berbagai perusahaan kecil, menengah dan besar, termasuk pula para pedagang pasar maupun sektor lainnya. Namun, para pakar telah mengingatkan bahwa setelah virus Corona berlalu pun berbagai masalah akibat dampak Covid-19 ini tidak serta merta akan pulih seketika. 

Karena itulah ujian yang dihadapi para kepala daerah yang berhadapan langsung dengan masalah tersebut juga tidak akan berhenti begitu saja. Mereka harus bekerja keras bersama para wakil rakyat serta jajaran pemerintahan lainnya untuk membangun kembali atau melanjutkan program atau proyek yang mungkin banyak telah ditunda. Ujian yang sama juga dihadapi oleh para menteri yang pasti akan mendapat beban tugas yang lebih besar dari Presiden Jokowi. 
Ahok, Presiden Jokowi, Jokowi, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Anies Baswedan, Jakarta, Pilpres 2024, Capres 2024, NKRI, Covid-19, Virus Corona, Indonesia
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ketika diterima oleh Erick Thohir sebelum BTP diangkat sebagai Komisaris Utama Pertamina (cnbcindonesia.com)

Ganjar Pranowo gubernur Jateng, Ridwan Kamil di Jawa Barat atau Anies Baswedan yang menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur Jakarta, bahkan seorang Erick Thohir, menteri BUMN yang sebelumnya sangat mumpuni sebagai pengusaha besar pun akan semakin diuji dalam mengelolla ratusan BUMN, yang pasti sangat banyak masalahnya. 

Jika begitu berat ujian yang harus dihadapi oleh mereka, maka siapa yang paling siap untuk menjalani ujian tersebut? Masyarakat dan para semua pengamat yang peduli pada masa depan NKRI pasti sudah mulai mempelari kepemimpinan maupun karakter para tokoh maupun calon presiden yang berlatar belakang sebagai kepala daerah di Nusantara ini. 

Mungkin Ahok atau BTP juga akan diuji dan diperhitungkan sebagai calon presiden atau wakil presiden pada Pilpres 2024 mendatang. 
Ahok, Presiden Jokowi, Jokowi, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Anies Baswedan, Jakarta, Pilpres 2024, Capres 2024, NKRI, Covid-19, Virus Corona, Indonesia
Di antara mereka bertiga, siapa yang paling nyaman untuk anda ajak ngopi dan ngobrol bareng? (inews.id)

Lalu, kalau dikerucutkan dari beberapa kepala daerah khususnya para gubernur, siapa yang paling siap untuk dicalonkan sebagai kandidat Presiden Republik Indonesia pada Pemilu Presiden 2024 yang akan menggantikan Presiden Joko Widodo, yang pasti sangat berbahagia apabila penggantinya adalah cinta pada NKRI dan akan membangun Indonesia dengan sepenuh hati. 

Bagaimana dengan anda, apakah masih resah dan gelisah karena kelamaan stay at home?

Kalau anda belum punya calon yang tepat di hati, barangkali tayangan berikut ini bisa memberi anda inspirasi untuk memilih Capres yang akan memimpin Indonesia sebagai Presiden RI masa bakti 2024 - 2028. Yuk saksikan bareng.




Semoga kita punya capres yang mantap pada Pilpres 2024 nanti supaya Indonesia jauh lebih maju daripada jaman now. 

Comments

Popular posts from this blog

Rupiah kembali perkasa di tengah dahsyatnya Covid-19 di negeri Donald Trump

Job Vacancy as a Barista

Anies Baswedan Menyebarkan Post Truth? Di Mana Juru Bicara Negara?

Information